Top Menu

Recent

Cara Pemotongan Dalam Sablon

Cara Pemotongan Dalam Sablon
Di bawah ini artikel tentang Pemotongan Dalam Sablon 

Gunakan kertas kalkir atau kertas tipis tembus cahaya yang ukurannya sedikit lebih besar dari ukuran dalam rangka screen sablon untuk menggambar.


Setelah gambar jadi, lapisi kertas kalkir tersebut dengan larutan sirlak atau spirtus, lalu keringkan.


Setelah kering, gambar yang terdapat pada kertas tersebut di potong potong dengan silet atau karter hingga akhirnya terbentuk gambar berlubang-lubang.


Letakan gambar berlubang itu pada kain screen hingga melekat betul.


Cara resist film sablon

1. Di tempelkan di atas gambar yang akan di buat.
2. Gores lapisan film berserta kertasnya denggan pisau cutter atau bsilet.
3. Tempelkan pada screen dan distrika sehinnga goresan akan melekat pada kertas.
4. Kertas dapat dilepas dari film dan gambar akan melekat pada screen. Screen dapat digunakan untuk pengerjaan sablon.

Proses afdruk

Dari sekian pekerjaan sablon proses afdruk adalah yang paling sulit. Hal ini disebabkan dibutuhkan ketelitan kerja yang sangat tinggi, dari proses afdruk kita bisa menentukan apakah hasil sablon akan baik atau tidak. Misalnya proses penyinaran matahari, bila waktu berlebih sedikit, proses pembersihaan akan mendapatkan kesulitan. Demikian juga terlalu cepat gambar akan tidak tampak atau mudah hilang.

Namun demikian cara pengafdrukan itu paling banyak dilakukan oleh orang yang melakukan pekerjaan menyablon, mengingat beberapa kelebihan atau keuntungan yang akan didapatkan jika dibandingkan dengan dengan cara-cara tersebut di atas.


Keuntungan atau kelebihan cara afdruk diantarannya adalah:

1. Lebih aman
2. Hasil sablonan lebih baik mutunya.
3. Lebih memungkinkan untuk merencanakan gambar atau mendisain bentuk bentuk yang       kecil atau halus dengan hasil yang tetap bagus sesuai hasil yang di harapkan.      Dengan     demikian, hasil sablon akan tampak lebih menarik.
4. Mudah sekali membersikan gambar screen , jika terjadi kerusakan gambar atau juga             ingin mengganti motif atau pola gambar dengan desain atau gambar yang baru.

Mengingat kelebihan cara afdruk yang jauh lebih banyak serta jauh lebih memuaskan hasil sablonan nantinya, dibandingkan cara cara seperti yang di jelaskan di atas, maka cara afdruk inilah yang sebaiknya anda lakukan dalam proses pengerjaan sablon.


Di dalam artikel ini akan dijelaskan perihal 2 cara pengafdrukan, yaitu pengafdrukan dengan menggunakan photo-emulsion, serta pengafdrukan dengan menggunakan chromatin.


Kelebihan atau keuntungan afdruk dengan mengunakan chromatin adalah mudah dalam pelaksanaan atau pengerjaannya. Sementara kelebihan atau keuntungan mengafdruk dengan menggunakan photo-emulsion adalah hasil afdruk yang lebih bagus, sangat tajam, dan juga tahan lama.

Artikel sebelumnya penyetingan sablon.
Anda mau mencari tempat cetak sablon spanduk murah ? silahkan hubungi kami.
Ads Inside Post
Copyright © Sablon Spanduk Murah 08979 313131.