Top Menu

Recent

Bingkai Screen Sablon

Bingkai Screen Sablon
Selain kain screen Sablon hal terpenting sebagai alat penyetakan atau sablon adalah bingkai screen Sablon. Bingkai (rangka) screen atau frame adalah dimana kerangka kain screen Sablon di pasangkan. Bingkai tersebut harus kuat dan tidak melengkung waktu ditarik. Permukaan rangka ini haruslah rata serta tidak boleh berlubang. Perlu diteliti pula kestabilan bingkai dengan menjadikan rata dengan permukaan kaca.

Syarat-syarat suaturangka atau bingkai screen Sablon yang baik adalah :

1. Tidak berubah bentuknya, dalam cahaya yang panas, atau tidak mudah mengkerut atau memuai jika terkena air, musim dingin (hujan)
2. Permukaan bingkai atau rangka screen tersebut harus licin, rata dan halus
3. Rangka screen Sablon tidak boleh berubah, baik dalam ke adaan basah maupun juga dalam keadaan kering.
4. Bingkai harus tahan terhadap obat-obatan bahan kimia yang digunakan dalam proses pengerjaan sablon.
Mengingat hal hal tersebut di atas maka pemilihan bingkai yang cocok atau sesuai sangatlah penting dalam proses pengerjaan sablon  untuk mendapatkan hasil prima sesuai yang di inginkan.
Seperti yang telah di sebutkan di atas, bingkai atau rangka screen Sablon dapat dibuat dari kayu maupun logam. 

Penjelasan dari kedua bahan bingkai tersebut adalah sebagai berikut:


a. Bingkai kayu

Bingkai kayu umumnya digunakan bingkai atau rangka dengan ukuran yang kecil. Bingkai kayu yang baik haruslah terbuat dari kayu yang kuat, kering dan padat, seperti kayu jati, kayu rasamala, atau juga kayu cedar, kayu yang di gunakan tersebut harus stabil dalam segala cuaca atau suasana, dalam penertian tidak berubah bila basah atau kering, kayu yang bawah tidak padat akan mudah rusak dan melengkung, sehingga akan mempengaruhi hasil penyablonan nantinya.

Perlu di ingat bingkai kayu haruslah di pasangkan secara tepat dan rapat, karena sifat kayu yang dapat mengembang bila terkena panas ataupun terkena air.

Untuk mendapatkan hasil penyablonan yang baik kedudukan bingkai tersebut harus rata. Untuk meneliti atau mengecek karakter bingkai, screen tersebutharus di lakukan dengan meletakan bingkai tersebut diatas permukaan kaca bening. Jika kondisi karakter bingkai belum didapatkan, perbaikilah sedemikian rupa sehingga akhirnya di dapatkan kondisi yang benar benar rata.

Terdapat dua jenis atau type bingkai kayu ada yang umum digunakan yaitu bingkai kayu bentang dan bingkai kayu kaku.


Sebenarnya bingkai kayu tipe bentang maupun tipe kaku dengan berbagai ukuran telah banyak dijual ditoko-toko alat dan perlengkapan sablon. Namun demikian, anda dapat pula membuatnya sendiri.


Jika anda menginginkan untuk membuatnya sendiri bingkai kayu bentang tersebut, maka cara membuatnya adalah sebagai berikut:


1. Potong kayu dengan panjang 20 cm atau 30 cm dengan ditambah untuk kedua masing masing sepanjang

2. Bagian penampung yang akan dihubungkan dengan kain penyaring dibuatkan jalur memanjang sedalam 1cm. setiap jalur agar dibuat lis sebesar jalur yang digunakan untuk mengencangkan kain screen.
3. Buat ukuran panjang kayu dengan panjang 30 cm atau 40 dengan dilebihkan 5cm pada tiap tiap ujungnya.
4. Pada sisi lain dibuat sama sehingga sisinya telah menjadi satu.
5. Keempat ujung tersebuat lalu diperkuat dengan pasak kayu atau juga paku.
Untuk membuat bingkai kayu kaku, proses pengerjaan nya berbeda meskipun ukuran akhirnya sama dengan bingkai kayu bentang.

Hal penting yang harus diperhatikan, bahwa bingkai kayu kaku terbuat dari kayu yang utuh atau tidak terdapat sambungan pada ujung ujungnya, oleh karenanya bentuk bingkai kayu kaku tersebut memerlukan kayu yang lebih lebar atau besar.


Jika tidak terdapat kayu yang besar atau lebar, maka dapat pula dibutuhkan sambungan pada sisi bingkai dengan memperhatikan cara menyambung kayu yang benar sesuai ilmu pertukangan kayu.

Yang harus terus menjadi catatan dalam membuat bingkai kayu kaku ini adalah dipenuhinya syarat syarat asil bingkai yang baik seperti yang telah di bahas di atas.

Dan ini bentuk bentuk bingkai yang diantaranya sebagai berikut:

- Bentuk empat persegi panjang,
- Bentuk segi empat,
- Bentuk bujur sangkar,
- Bentuk trapezium dan lain-lainnya.

Meskipun profile, bentuk, dan ukuran bingkai dapat berbeda beda sesuai dengn kebutuhan, namun terdapat ukuran umum yang bisa atau umum digunakan, yaitu :

Ukuran profile ukuran bingkai screen Sablon
2,6 cm  x 4 cm di bawah 65 cm
3 cm x 4 cm 70 cm – 85 cm
4 m x 4 cm 90 cm – 110 cm
4 cm x 5 cm di atas 110 cm

Bingkai logam

Logam yang sesuai untuk dijadikan bingkai screen adalah almunium  campuran (almunium alloy) yang dinlapisi acquen. Bingkai almunium, laren sifat atau karakteristiknya yang lebih ringan dan kuat dibandingkan kayu, dapat dan cocok digunakan untuk bingkai berukuran kecil-kecil dan juga besar.

Bingkai almunium yang baik adalah bingkai yang mempunyai fropile yang tepat dan di buat (dilas) dengan benar sehingga mempunyai kerataan permukaan dan syarat-syarat sebuah bingkai yang baik.

Artikel sebelumnya penyablonan pada kain.
Dan untuk Anda yang sedang mencari sablon spanduk murah silahkan kontak kami.
Ads Inside Post
Copyright © Sablon Spanduk Murah 08979 313131.